Crazy Rich Tahir Akan Akuisisi Perusahaan Milik Bentjok

Crazy Rich Tahir Akan Akuisisi Perusahaan Milik Bentjok

Emiten properti milik keluarga Dato Sri Tahir pemilik Mayapada, PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO) akan mengakuisisi anak usaha PT Hanson International Tbk (MYRX) dan PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO). Keduanya merupakan perusahaan yang dinahkodai investor Benny Tjokrosaputro.


Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), per 13 Desember 2019 Maha Properti berencana mengakuisisi 49,99% anak usaha Hanson yakni PT Mandiri Mega Jaya.



Kemudian Maha Properti juga akan mengakuisisi 49,99% saham PT Hokindo Properti Investama, anak usaha RIMO. Sebagai informasi, Mandiri Mega Jaya memiliki proyek hunian terpadu Citra Maja Raya di Lebak, Banten, bekerja sama dengan Grup Ciputra.

Baru-baru ini pun, Maha Properti melakukan pembelian lahan di Maja untuk mengembangkan kawasan perumahan.

Manajemen MPRO dalam keterangannya menyatakan tindak lanjut dari kesepakatan adalah penyusunan perjanjian pengikatan jual beli saham (PPJB), berdasarkan nilai hasil appraisal yang ditetapkan Kantor Jasa Penilai Publik.

Adapun dampak kejadian dari transaksi ini, nilai transaksi yang ditetapkan sesuai dengan hasil penilaian kantor jasa penilaian publik, dan nilainya melebihi 50% dari ekuitas emiten, maka harus mendapatkan persetujuan pemegang saham melalui RUPS. Transaksi antara perusahaan dengan Hanson dan Rimo jika ada hubungan afiliasi maka akan tunduk pada ketentuan dan tahapan yang berlaku.

Dari kondisi keuangan, untuk menyediakan dana akuisisi MMJ dan Hokindo Properti, perusahaan memperkirakan perlunya penawaran umum terbatas (PUT) atau dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD/rights issue). Nilai aset dan ekuitas Maha properti akan meningkat setelah akuisisi terhadap kedua perusahaan tersebut.

Sebelumnya, Hanson memiliki komitmen untuk membayar pinjaman individual sebesar Rp 2,5 triliun hingga Oktober 2020. Hingga Desember 2019, jumlah pinjaman individual yang harus dibayar mencapai Rp 1,1 triliun.

Untuk melunasi pinjaman ini, selain mengandalkan penjualan Citra Maja Raya, Hanson berencana menggandeng mitra untuk bekerja sama menyelesaikan kewajiban tersebut.

Sementara itu, Tahir merupakan orang terkaya ke tujuh di Indonesia menurut Forbes. Crazy rich yang merupakan mantu dari Mochtar Riady ini merupakan pemilik grup Mayapada.



Iklan Atas Artikel






Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel