5 Teknik Dasar Parkour Yag Mudah di Pelajari Untuk Pemula

Parkour bro! Kegiatan ekstrem yang sangat menantang untuk lo, dan patut untuk lo coba! Dasar-dasar sederhana parkour adalah melewati segala halang rintang yang ada di depan lo. Baik dari meloncat, berguling, hingga seakan-akan terbang melewati hal tersebut.
Nah, sebelum lo benar-benar berguling dan melewati halang rintang yang ada di taman kota atau bahkan melompati gedung-gedung tinggi, simak bahasan kali ini. Bahasan kali ini akan mengulas lima dasar teknik parkour yang akan terlihat pro saat lo coba!
Oke, teknik pertama yang bisa lo pelajari dan lo coba adalah lompatan ke atas dan bawah.

Lompatan Ke Atas Dan Ke Bawah

5 Teknik Dasar Parkour Untuk Lo Agar Semakin Pro!
Teknik Dasar Parkour. credit photo: buzzle.com
Teknik ini adalah teknik paling dasar sebelum lo akan berlanjut ke empat teknik selanjutnya bro. Teknik ini mengharuskan lo bisa melompat dengan tumpuan dua kaki, dari bawah, ke atas, dan dari atas, ke bawah.
Sederhana bukan? Namun, teknik ini adalah teknik yang bisa melatih kekuatan dan fleksibilitas kaki lo bro. Fleksibilitas tersebut akan terlatih karena saat lo akan melompat, baik dari bawah atau dari atas, lo agak sedikit menekuk kedua lutut lo saa5 Tekniot ingin melompat.
Hal ini terkait dengan fleksibilitas dan kekuatan pada saat kaki menapak ke tanah atau bertumpuannya. Oleh karena itu, lo harus kuasai teknik paling dasar ini bro!
Nah, teknik kedua yang bisa lo kuasai setelah teknik pertama lo sudah handal adalah Wall Climb.

Teknik Parkour – Wall Climb

5 Teknik Dasar Parkour Untuk Lo Agar Semakin Pro!
Teknik Dasar Parkour. credit photo: buzzle.com
Dari nama tekniknya lo sudah bisa nalar bagaimana teknik ini akan berlaku kan bro. Teknik dasar ini adalah memanjat tembok bro. Teknik dasar ini akan melatih tubuh bagian atas lo karena dasarnya teknik ini adalah menarik tubuh lo ke atas.
Untuk lancar teknik dasar ini, lo bisa melakukan latihan pull up bro. Hal ini jelas akan membuat otot bagian atas lo akan semakin kuat mengangkat badan lo sendiri. Di parkour, Wall Climb menjadi salah satu teknik yang dibutuhkan sekali, apalagi fokus tantangan lo adalah tembok-tembok atau dinding gedung tinggi.
Kemudian, teknik dasar ketiga yang bisa lo kuasai agar semakin jago adalah vaulting.

Teknik Parkour – Vaulting

5 Teknik Dasar Parkour Untuk Lo Agar Semakin Pro!
Teknik Dasar Parkour. credit photo: buzzle.com
Vaulting sudah termasuk teknik dasar yang mempunyai kombinasi gerakan yang mulai rumit nih bro. Di teknik ini, tantangannya adalah gerakan kaki dan tangan yang singkron serta timing yang tepat dalam melompati halang rintang.
Vaulting memang sangat beragam nih bro, ada yang hanya dengan satu tangan, namun karena ini sebagai teknik dasar yang harus lo kuasai, lo harus masih menggunakan kedua tangan lo bro. Vaulting akan membuat lo dapat melompati serta melewati halang rintang yang cuku besar, seperti meja taman.
Selanjutnya teknik dasar keempat setelah Vaulting adalah Swinging Through.

Teknik Parkour – Swinging Through

5 Teknik Dasar Parkour Untuk Lo Agar Semakin Pro!
Teknik Dasar Parkour. credit photo: buzzle.com
Swinging through adalah gerakan dasar parkour untuk bergelantungan melewati halang rintang, bro. Dasar teknik ini adalah berlari, dan menggapai tiang dengan kedua tangan serta mengayunkan badan untuk melewati rintangan tersebut.
Nah karena bergantung dengan tangan dan kaki, keseimbangan badan adalah hal utama di teknik ini. Kalau saat berlari dan hentakan tangan pertama tidak seimbang, dipastikan lo akan ambruk ke bawah. Oleh karena itu, kaki yang mengayunkan badan lo juga harus kuat agar ayunan yang dibuat oleh badan lo, mengantarkan lo melewati rintangan tersebut.
Saat lo mendarat dari Swinging Through, pastikan lo mendarat dengan kedua kaki lo. Hal ini berkaitan dengan keharusan lo untuk berlari lagi. Pendaratan dari Swinging Through juga harus sering dilatih, agar lo bisa terus melanjutkan menyelesaikan halang rintang yang lain.
Dan teknik dasar parkour terakhir yang harus lo kuasai adalah Cat Leap.

Teknik Parkour – Cat Leap

5 Teknik Dasar Parkour Untuk Lo Agar Semakin Pro!
Teknik Dasar Parkour. credit photo: buzzle.com
Ya, benar bro. Teknik dasar parkour ini mirip dengan seekor kucing yang melompat ke dinding atau halang rintang lainnya. Teknik ini merupakan gerakan kombinasi dari melompat dan Wall Climbing. Oleh karena itu, keseimbangan serta kekuatan tubuh bagian atas dan kaki lo adalah kunci dari teknik ini.
Teknik ini mempunyai resiko yang cukup tinggi bro, namun resiko ini juga tergantung seberapa tinggi loncatan dan tembok yang mau lo lalui. Teknik ini cukup populer digunakan karena mengingat parkour kebanyakan dilakukan di wilayah urban.
Oleh karena itu, tembok-tembok tinggi adalah halang rintang lo yang harus lo lewati dengan sempurna bro!
Nah bagaimana bro? Sudah tidak sabar ingin mencoba teknik-teknik di atas? Jangan lupa pemanasan atau stretching bro. Hal ini menghindari kram dan kaku otot saat lo sedang mencoba teknik parkour tersebut.

Jika lo belum siap terjun langsung di wilayah urban, lo bisa menggunakan beberapa peralatan rumah untuk menjadi bahan latihan lo. Seperti meja taman, bangku, sofa, dan bahkan tembok rumah lo sendiri bro!
Oke, sekarang lo tetap bisa berkegiatan ekstrem nih bro! Jangan lupa selipkan semangat petualangan karena parkour juga petualangan yang bisa lo mulai kapan saja, bro!

Iklan Atas Artikel






Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel