14 Manfaat Renang Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Badan Lebih Mudah Tinggi

Bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, biasanya sudah mulai banyak dilatih olahraga air ini. Renang menjadi salah satu olahraga dengan aktivitas fisik yang mengandalkan otot dan tulang di seluruh tubuh, meskipun Anda tidak banyak bergerak di dalam kolam sekalipun. Manfaat renang bagi tubuh untuk meninggikan badan akan lebih terlihat pada anak.
005 indra cahya
huffingtonpost.com

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya sangatlah penting, yakni membantu menjaga kesehatan jantung. Melalui darah yang lebih lancar mengalir di seluruh tubuh dan sistem pernapasan yang baik, sehingga oksigen dalam tubuh dapat tercukupi.
paru paru
2018 Merdeka.com/Pixabay
3. Melatih Pernapasan

Renang tentunya mampu melatih pernapasan supaya lebih kuat dan panjang. Beberapa gerakan dan tekanan air sangat baik dalam melatih pernapasan Anda. Renang dengan mengandalkan otot tubuh akan memacu aliran darah ke jantung dan paru-paru.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya akan membantu Anda mendapatkan otot yang kuat. Proses yang cukup panjang tidak langsung terlihat dengan sekali berenang. Perlahan tubuh Anda akan nampak lebih proporsional dan atletis dari sebelumnya.

5. Mengurangi Stres
di tempat kerja
Shutterstock
Siapa sangka, ternyata renang juga dapat mengurangi stres. Manusia terdiri dari sekitar 60 hingga 70 persen air dari berat tubuh. Bersentuhan dengan air saja bisa membuat tubuh lebih tenang dari sebelumnya.

Kemudian banyaknya gerakan akan merangsang hormon endorphin yang mampu memperbaiki suasana hati untuk menghilangkan stres, serta kembali senang.

6. Meringankan Radang Sendi

Beberapa olahraga memang bisa membuat tubuh mengalami cedera dan nyeri sendi. Lain halnya dengan berenang, salah satu olahraga yang faktor risiko cedera paling ringan. Selain itu postur tubuh dari renang bisa lebih ideal dan posisi tulang belakang dapat kembali normal, sehingga nyeri sendi dapat terhindar.
5 dari 10 halaman

7. Mengurangi Risiko Gula

Melansir dari bola.com, bahwa artikel dari Berkeley Wellness dari University of California mengungkapkan bahwa, berenang bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga kadar gula darah dapat terjaga.
011 siti rutmawati
www.huffingtonpost.com

8. Renang Sebagai Terapi

ilustrasi berenang
2019 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat renang bagi tubuh ternyata juga sangat baik dalam proses terapi. Berbagai macam jenis terapi terbagi bagi semua kalangan usia. Salah satunya sebagai terapi cedera, karena berenang dipercaya sangat cocok diterapkan sebagai pemulihan. Cara ini juga sering dilakukan oleh para atlet.

Renang juga menjadi salah satu olahraga selain yoga, yang boleh dilakukan oleh penderita sakit jantung. Baik dalam masa pemulihan maupun pencegahan, karena ada riwayat lemah jantung dalam keluarga.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya ialah mampu mengontrol tekanan darah. Melalui proses lancarnya pemompaan darah ke seluruh tubuh, yang baik bagi jantung dan cocok bagi penderita hipertensi.
10. Menguatkan Tulang
manusia
scienceunraveled.com
Manfaat renang bagi tubuh untuk menguatkan tulang sudah pasti bisa dirasakan sejak awal. Menggerakkan otot dan tulang di seluruh tubuh secara rutin akan mempertahankan kekuatannya, hingga mencegah terjadinya osteoporosis di masa tua.

11. Meningkatkan Kebugaran Paru-Paru

Dikutip dari hellosehat.com, bahwa sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia, bahwa para perenang cenderung mempunyai paru-paru lebih kuat daripada yang lain.

12. Mencegah Kolesterol Naik

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya ternyata sudah terbukti berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat atau LDL, serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Sehingga aktivitas berenang yang tidak terlalu menguras tenaga dan keringat ini, perlu Anda lakukan demi menjaga kesehatan organ dalam.

13. Membakar Lemak Jahat

Aktivitas berenang tentunya juga cocok bagi Anda yang ingin menjalankan program diet. Namun tetap perlu diperhatikan, bahwa renang tersebut harus dilakukan teratur dan rajin dengan didampingi pola makan sehat.

14. Membuat Tubuh Ideal

Berenang akan membakar cadangan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi Anda. Melansir dari bola.com, bahwa melakukan renang santai selama 30 menit sudah bisa membakar sekitar 200 kalori tubuh Anda.

Jika Anda ingin program menurunkan berat badan, bisa dengan rutin berenang setiap hari minimal 30 menit. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh ideal, luangkanlah waktu seminggu sekali untuk olahraga air ini. Apabila Anda lelah, dengan 10 menit renang saja sudah bisa membakar 60 kalori.

Itulah beberapa manfaat renang bagi tubuh, begitu luar biasa dan bisa diterapkan bagi seluruh kalangan usia. Sebagai pemula, memperbanyak aktivitas di dalam air saja sudah dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel






Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel