9 Manfaat Jogging Bagi Tubuh, Penghilang Stres hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Jogging sering didefinisikan banyak orang sebagai olahraga lari dengan kecepatan yang sedang atau lambat. Olahraga ini cukup digandrungi oleh banyak orang, karena selain manfaatnya, olahraga ini juga tergolong ringan dan bisa dilakukan setiap hari.
Manfaat jogging yang paling umum adalah untuk menurunkan berat badan. Banyak orang yang sedang melakukan diet, memasukkan jogging sebagai daftar kegiatan dalam program dietnya. Walaupun kecepatannya tidak seperti ketika berlari, jogging juga diyakini ampuh untuk mengeluarkan kalori.
Selain manfaat fisik yang didapat, jogging juga menawarkan manfaat secara psikologis. Dikutip dari verywellfit.com, jogging olahraga kardio, di mana aktivitasnya dapat mengirimkan lebih banyak darah ke otak, sehingga membantu kita berpikir lebih jernih.
Selain dua manfaat tersebut, kami telah merangkum beberapa manfaat jogging yang bisa kita dapatkan, dilansir dari beberapa sumber.
1 dari 9 halaman

1. Mengatasi Resistensi Insulin

Manfaat jogging yang pertama adalah dapat mengatasi resistensi insulin. Resistensi insulin adalah salah satu tanda dari pradiabetes. Dalam kondisi ini, sel-sel dalam tubuh anda tidak bisa merespon insulin, yaitu hormon yang menjaga kadar gula darah.
Dalam sebuah ulasan dari satu penelitian menemukan bahwa aktivitas berlari yang dilakukan secara teratur, dapat menurunkan resistensi insulin pada seseorang.

2. Menghilangkan Stres

les bikin stres
2018 liputan6.com
Menghilangkan stres adalah manfaat jogging yang kedua. Selain dapat meningkatkan mood dalam jangka pendek dengan membantu mengalihkan pikiran dari masalah anda, jogging juga dapat bermanfaat sebagai penghilang stres yang lebih tahan lama.

3. Menjaga Fleksibilitas Tulang Belakang

Manfaat jogging yang ketiga adalah jogging dapat menjaga fleksibilitas tulang belakang anda. Di sela-sela tulang belakang di punggung Anda, terdapat cakram kecil dan fleksibel yang bertindak seperti bantalan pelindung.
Cakram ini dapat menyusut dan aus seiring bertambahnya usia. Duduk dalam waktu yang lama juga dapat menambah tekanan pada cakram-cakram ini seiring waktu.
belakang
2018 liputan6.com
Olahraga berlari atau jogging dapat menjaga ukuran dan fleksibilitas cakram-cakram ini. Satu studi yang dilakukan pada 79 orang, menemukan bahwa jogging secara teratur dengan kecepatan 2 meter per detik (m/s) memiliki hidrasi cakram yang lebih baik dan kadar glikosaminoglikan (sejenis pelumas) yang lebih tinggi dalam cakram mereka. Semakin cakram tersebut sehat dan terhidrasi, semakin fleksibel juga yang akan anda rasakan.

4. Membantu Perkembangan Otot

Manfaat jogging yang keempat adalah dapat membantu perkembangan otot. Latihan otot tidak harus selalu berhubungan dengan gym. Anda juga bisa melatih otot anda, khususnya otot bagian bawah, dengan melakukan jogging.
Jogging dapat menstimulasi otot-otot yang berada di kaki dan seiring berjalannya waktu, hal ini justru akan membantu perkembangan otot. Jika anda mencari cara yang sangat efektif untuk membangun otot-otot kaki, cobalah melakukan joging di lereng atau dataran yang miring.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

serangan jantung
pixabay / pexels
Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, itulah mengapa menjaga kesehatan jantung dianggap sangat penting. Jogging sebagai bentuk latihan kardiovaskular, membuatnya ideal untuk kesehatan jantung.
Beberapa manfaat jogging terkait jantung antara lain, dapat membantu menguatkan jantung, meningkatkan sirkulasi, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

6. Memperbaiki Mood

mood
Quantifiedself.com
Manfaat jogging yang selanjutnya adalah mengubah mood menjadi lebih baik. Memang ketika pertama kali memulai jogging, anda mungkin akan merasa lelah atau bahkan pegal di bagian kaki. Namun jika anda bisa menahan dan kembali melakukan jogging secara teratur, anda akan mendapatkan perasaan yang berbeda.
Pada dasarnya, ini adalah perasaan euforia yang ditimbulkan oleh endorfin dan adrenalin yang beredar di seluruh tubuh anda saat berlari. Sehingga anda akan merasakan suasana hati yang lebih baik. Inilah manfaat jogging untuk kesehatan psikologis anda.

7. Menyehatkan Tulang

4 fungsi tulang bagi tubuh
healthline.com 2020 Merdeka.com
Manfaat jogging yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan tulang. Menjaga kesehatan tulang sejak dini sangat penting. Dengan jogging, anda akan mendapatkan manfaat untuk memperkuat tulang, dan meningkatkan kepadatan tulang.
Hasilnya, dapat membantu anda untuk mengurangi risiko cedera dan anda tidak perlu khawatir terkait osteoporosis ketika usia bertambah tua.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jogging yang selanjutnya yaitu jogging dapat menjadi sarana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jogging dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dan menstimulasi makrofag dan limfosit, yang mana keduanya memainkan peran penting untuk pencegahan infeksi dan penyakit.
Oleh karena itu, dengan jogging secara teratur, anda tidak hanya menjadi lebih bugar dan lebih ramping, tetapi anda juga akan memiliki badan yang sehat.

9. Mengurangi Hipertensi

ilustrasi hipertensi
CC0 Public Domain
Manfaat lain yang bisa kita dapat dari olahraga jogging yaitu dapat mengurangi hipertensi. Hipertensi sendiri dapat menyebabkan pembuluh darah melemah, meningkatkan risiko stroke, meningkatkan peluang terkena serangan jantung, merusak ginjal dan banyak lagi.
Banyak orang dengan tekanan darah tinggi harus menggunakan obat resep untuk memperlambat tekanan darah mereka. Namun, banyak dari obat-obatan ini juga memiliki efek samping bagi tubuh.
Jogging adalah cara alami untuk mengurangi tekanan darah anda. Jogging membantu meningkatkan sirkulasi, menguatkan jantung, dan membakar lemak.
Selain itu, jogging juga merupakan cara yang bagus untuk mencegah/mengobati obesitas, dan karena itulah alasan mengapa jogging sangat berguna bagi orang yang ingin mengurangi tekanan darah secara alami dengan cara yang aman dan terkontrol.

Iklan Atas Artikel






Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel